Baby Cute

HUBUNGI : 081324236933

olhjkhkjh

Gemas Terhadap Bayi Itu Wajar, Tapi…

Melihat wajah dan bentuk tubuh Si Kecil yang lucu dan menggemaskan seperti melakukan gerakan tertentu atau mengenakan baju-baju lucu tentu akan membuat reaksi yang sulit Cuties tahan, bukan? Wajar sekali, kok! Gerakan seperti mencubit kecil, mengemut pipi bantalnya dan beragam reaksi lainnya sering terjadi secara spontan. Tapi, tau nggak sih, sebenarnya Cuties tetap dianjurkan untuk belajar menahan rasa gemas terhadap bayi agar tidak terlalu berlebihan pada Si Kecil.

Yang dikhawatirkan adalah Cuties tidak sengaja dapat menyakiti Si Kecil tanpa disadari, lho. Karena itu, baiknya kita menghindari beberapa hal ini saat rasa gemas pada Si Kecil muncul.

Menghindari rasa gemas pada Si Kecil

Berikut beberapa hal yang baiknya Cuties perhatikan saat rasa gemas terhadap Si Kecil muncul:

1. Mengayun bayi

Mengayun bayi terlalu kencang sebenarnya memiliki risiko yang tinggi. Yang terberat salah satunya adalah meningkatkan kemungkinan Si Kecil terkena Shaken Baby Syndrome. Dilansir dari alodokter.com, SBS adalah sekumpulan gejala yang muncul jika bayi menerima guncangan yang keras terutama bagian kepala. Sindrom ini akan membuat beberapa masalah serius seperti pendarahan retina mata, pendarahan otak dan pembengkakan otak.

2. Mencium mulut bayi

Nah, kebiasaan ini nampaknya adalah kebiasaan yang paling sering kita lihat, ya? Perlu kembali kita ingat bahwa mencium mulut bayi sangat mungkin menyebabkan adanya pertukaran bakteri dari mulut ke mulut. Mungkin kita sebagai orang dewasa dapat dengan mudah menangkal bakteri tersebut, namun belum tentu dengan Si Kecil.

Bakteri tersebut dapat memberikan banyak dampak berbahaya seperti pilek, herpes, cacar, ataupun penyakit menular lainnya.

3. Mencubit bayi

Selain mencium mulut, Cuties juga bisa saja sering mencubit bayi. Namun, mencubit bayi dengan berlebihan ternyata dapat memicu perasaan trauma bagi Si Kecil apalagi ia masih belum memiliki kemampuan komunikasi verbal. Dampak lainnya adalah potensi terjadinya masalah kulit seperti eksim.

4. Menggigit bayi

Menggigit bayi nampaknya cukup sering dilakukan apalagi bagi pada Dads, ya? Kebiasaan ini sebenarnya cukup berbahaya, lho! Menggigit kulit bayi yang masih sensitif dapat melukainya dan menimbulkan infeksi bakteri dari mulut kita. Luka tersebut pun akan membuat Si Kecil akan merasa tidak nyaman dengan waktu yang lama.

5. Menggelitik bayi terlalu berlebihan

Bercanda dengan Si Kecil tentu menyenangkan, apalagi saat ia tertawa. Cuties mungkin terbiasa menggelitiknya agar ia menjadi lebih ceria. Sebenarnya cara ini tidak begitu berbahaya, namun bukan berarti bisa dilakukan secara berkepanjangan. Saat ia tertawa berlebihan, maka akan timbul risiko Si Kecil tersedak air ludahnya yang membuat ia batuk atau bahkan muntah.

Gemas terhadap bayi tentu boleh kok selama kita dapat berlatih untuk menahan untuk tidak mengekspresikannya secara berlebihan. Maksud hati hendak mengungkapkan rasa sayang dan gemas, malah jadi membahayakan Si Kecil kan tidak baik. Karena itu, tetaplah bereaksi positif dan mengutamakan kontrol diri ya Cuties! -KJ

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *