Baby Cute

HUBUNGI : 081324236933

olhjkhkjh

Si Kecil Dan Finger Food

Sejak awal kelahirannya, Si Kecil wajib mendapatkan air susu ibu (ASI) dalam 6 bulan pertama kehidupannya. Setelah memasuki usia enam bulan, Cuties dapat memperkenalkan MPASI sebagai makanan penunjang. Salah satu bentuk MPASI yang baik adalah finger food karena dapat melatih kemampuan motorik Si Kecil. Setelah ia mulai terbiasa dengan MPASI normal, maka ia dapat mulai berlatih menggenggam dengan pemberian MPASI khusus yaitu finger food pada bayi.

Baca Juga: Makanan Untuk Mendukung Tumbuh Gigi Si Kecil

Waktu yang tepat untuk memberikan Finger Food bayi

Sebelum memperkenalkannya dengan finger food, Cuties perlu untuk memastikan bahwa ia dapat mengunyah dan menghaluskan makanan dengan kemampuan mengunyahnya.  Hal lain yang perlu Cuties perhatikan adalah dia sudah dapat duduk dengan tegak secara mandiri.

Finger food sendiri merupakan bagian dari MPASI yang dapat diberikan saat ia sudah memasuki usia enam bulan. Namun, kembali lagi kita perlu mengingat bahwa  Si Kecil memiliki masa perkembangan yang berbeda-beda sehingga patokan mutlak bukanlah dari enam bulan tersebut.

Indikator penting lainnya adalah mengamati ciri-ciri perilaku makan Si Kecil. Cuties dapat memperhatikan jika ia melakukan hal-hal seperti memasukkan sendok ke mulut, maka ini bisa menjadi tanda bahwa ia siap berkenalan dengan finger food. Sebagai permulaan, Cuties dapat memperkenalkannya dengan finger food lunak dengan potongan kecil dan tekstur yang pas.

Macam-Macam ide finger food

Setelah mengetahui timing yang tepat, kini kita akan membahas beberapa ide finger food untuk Si Kecil. Perlu kita pahami bahwa rekomendasi ini berdasarkan bentuk kecil, lembut dan tidak lengket.

  • Telur orak-arik

Telur orak-arik adalah menu yang pas karena teksturnya yang mudah untuk ia pegang. Telur harus sudah matang dengan ukuran kecil, plus sebaiknya tidak menggunakan garam, ya. Memberinya telur sejak dini akan membantu kita mendeteksi kemungkinan adanya reaksi alergi yang ia miliki.

  • Biskuit dan roti

Cuties dapat memberikannya biscuit atau roti lembut yang dipotong kecil-kecil atau berbentuk stik. Makanan ini dapat menstimulasi perkembangan gusi dan gigi Si Kecil saat ia akan mulai masa teething. Kelebihan lainnya adalah teksturnya yang lunak sehingga ia akan mudah saat menelan makanan ini.

  • Sayuran yang dimasak

Sayuran yang sudah terlebih dulu dimasak dapat menjadi salah satu menu finger food Si Kecil. Untuk menjaga nutrisi, Cuties dapat mengolahnya dengan cara mengukus sayuran tersebut hingga lembut kemudian memotongnya kecil-kecil. Sayuran yang tepat untuk menjadi finger food Si Kecil antara lain; wortel, brokoli, buncis.

  • Buah lembut

Cuties pasti sudah akrab dengan model MPASI ini. Buah-buahan lembut dan matang secara alami adalah bahan finger food yang sangat baik untuk Si Kecil. Pilihan buah yang pas adalah manga, melon, pisang, semangka atau ubi yang sebelumnya direbus.

  • Tahu

Tahu merupakan sumber protein nabati yang baik bagi Si Kecil. Cuties dapat memilih tahu dengan tekstur yang agak keras dan dengan bentuk dadu agar ia mundah menggenggamnya karena terkadang tahu terlalu mudah hancur.

Baca Juga: Membahas Speech Delay Pada Anak

Nah, tadi adalah penjelasan seputar waktu dan bahan finger food yang pas saat Si Kecil sudah dapat memakan MPASI. Banyak ragam finger food pada bayi yang dapat Cuties berikan untuk Si Kecil namun poin utama adalah teksturnya yang pas seperti ukuran, kepadatan dan mudah untuk ia makan. -KJ

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *